Peran odoo sebagai platform terbuka dalam membangun pelayanan kesehatan yang lebih andal dan berkelanjutan
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 280 juta jiwa yang tersebar lebih dari 17.000 pulau. Sementara itu, sistem kesehatan nasional telah memiliki 60.000 fasilitas kesehatan yang meliputi Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dan Laboratorium. Skala ini memberikan tantangan logistik, geografis, dan digital yang sangat kompleks.
Salah satu masalah utama yang menghambat efektivitas layanan kesehatan adalah fragmentasi data. Sistem pencatatan yang masih mengandalkan cara manual atau sistem lokal yang tidak saling terhubung menyebabkan duplikasi data berbahaya, inkonsistensi, dan ketidakefisienan operasional. Untuk mengatasi tantangan ini, Kementrian Kesehatan Nasional (Kemenkes) mengeluarkan platform kesehatan yaitu SATUSEHAT. Platform ini merupakan platform nasional terintegrasi yang dirancang untuk menciptakan satu data kesehatan Indonesia. SATUSEHAT bukan sekedar aplikasi, melainkan infrastruktur digital publik yang menjadi pondasi transformasi kesehatan jangka panjang.
Tantangan Skala dan Strategi Open Platform
Mengintegrasikan sistem kesehatan di Indonesia tidak bisa dilakukan dengan sistem tertutup. Jika menggunakan software proprietary, biayanya sangat mahal dan sulit menyesuaikan dengan kebutuhan lokal. Selain itu, berisiko membuat semua pihak bergantung pada satu vendor saja. Karena itu, SATUSEHAT mengadopsi strategi open platform berbasis standar global HL7 FHIR (Fast Healthcare Interoperability Resources), yang memungkinkan pertukaran data antar sistem melalui API. Dalam ekosistem ini, Odoo Open Source ERP memainkan peran sebagai middleware fleksibel dan management backbone. Adapun karakteristik Odoo yang membuatnya cocok sebagai enabler kunci antara lain:
1. Fleksibel sebagai Middleware
Melalui modul SATUSEHAT SDMK (Sistem Sumber Daya Manusia Kesehatan), Odoo digunakan untuk mengelola data lebih dari 3 juta tenaga kesehatan. Proses administrasi seperti Sertifikat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) yang dulunya memakan waktu berminggu-minggu, kini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 7 hari. Hingga kini, sistem telah memproses 1,8 juta STR dan 300 ribu SIP secara digital. Efeknya sangat terasa yaitu beban administratif berkurang dan tenaga medis dapat lebih fokus pada pelayanan pasien.
2. Modular dan Scalable
Karena sifatnya modular, implementasi Odoo dapat dilakukan secara bertahap. Dimana dapat dimulai dari fungsi inti seperti master data atau perizinan tenaga kesehatan. Selanjutnya, diperluas ke logistik dan rekam medis. Skema ini sangat penting untuk negara sebesar Indonesia yang memiliki kebutuhan berbeda di setiap daerah.
3. Kompatibel dan Efisien
Odoo mendukung berbagai protokol integrasi, dimana memastikan data dari beragam teknologi dapat ditransfer secara konsisten. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi risiko duplikasi data, mempercepat alur kerja, dan mempermudah interoperabilitas antar sistem kesehatan.
4. Open Source dan No Vendor Lock-in
Dengan lisensi terbuka, Odoo menjamin keberlanjutan platform tanpa bergantung pada satu penyedia. Komunitas pengembang yang besar juga memungkinkan peningkatan fitur secara berkelanjutan, sehingga menjadikannya bagian penting dari infrastruktur digital publik Indonesia.
Dampak Implementasi Odoo dalam Ekosistem SATUSEHAT
Implementasi platform SATUSEHAT yang didukung oleh odoo telah menunjukkan manfaat yang luar biasa, antara lain :
1. Data Consistency & Security
Dengan protokol integrasi yang baku, platform SATUSEHAT berhasil mengurangi resiko duplikasi data pasien dan meningkatkan perlindungan informasi yang sensitif.
2. Peningkatan Efisiensi Operasional
Digitalisasi proses perizinan dan interaksi master data dapat mengurangi duplikasi dan mempercepat workflow. Sehingga tenaga kesehatan yang dahulunya sibuk mengisi form manual, kini cukup fokus terhadap pelayanan pasien.
3. Pengambilan Keputusan Real-Time
Kebijakan dapat dibuat berdasarkan data live yang tersedia, terbukti dalam inisiatif transparansi fiskal yang memantau pengeluaran farmasi nasional secara real-time.
4. Skrining Kesehatan Nasional
Dalam tujuh bulan pertama, platform ini telah melayani lebih dari 32 Juta pasien, mencatat 1,3 Miliar entri pemeriksaan, dan mampu menyaring lebih dari 500.000 pasien per hari. Angka ini mustahil tercapai jika masih menggunakan sistem manual.
Manfaat Integrasi Kesehatan Global
Perjalanan Indonesia dalam membangun platform SATUSEHAT memberikan panduan berharga bagi negara lain yang berupaya mengintegrasikan sistem kesehatan mereka.
1. Memanfaatkan ERP di Luar Lingkup Bisnis (Leverage ERP Beyond Business)
Odoo membuktikan bahwasanya Enterprise Resource Planning (ERP) bukan hanya alat untuk korporasi, melainkan sebagai alat manajemen di sektor publik. ERP sangat kuat dalam memonitor, mengevaluasi, dan menstandarisasi layanan publik skala nasional.
2. Menerapkan Arsitektur Modular
Pendekatan dengan step by step atau fitur per fitur dapat mengurangi risiko besar dan memungkinkan adaptasi terhadap kebutuhan spesifik setiap wilayah.
3. Membangun Tata Kelola yang Kuat (Strong Governance)
Platform ini memastikan akan kepatuhan, perlindungan privasi, serta menjaga kepercayaan publik merupakan persyaratan mutlak dalam mengelola data yang sensitif.
4. Mendorong Kolaborasi Multi-Pemangku Kepentingan
Keberhasilan integrasi tidak hanya bergantung terhadap teknologi, melainkan terhadap penyelarasan dan kolaborasi aktif antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan komunitas.
Platform SATUSEHAT adalah bukti nyata bahwasannya membangun platform kesehatan terintegrasi yang andal dapat diskalakan, bahkan di negara sebesar dan sekompleks seperti Indonesia. Dengan memanfaatkan Odoo open source ERP Indonesia telah meletakkan fondasi yang kuat untuk masa depan kesehatan digital jangka panjang. Selain itu mengubah fragmentasi data menjadi integrasi kolaboratif demi pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh warganya.
Sebagai bagian dari ekosistem digital di Indonesia, HASH hadir sebagai perusahaan software house yang sekaligus menjadi Learning Partner resmi Odoo di Jawa Timur, khususnya Malang. HASH tidak hanya berfokus terhadap implementasi ERP Odoo, melainkan mengembangkan berbagai solusi inovatif di bidang kesehatan, salah satunya adalah Qitacare. Qitacare adalah platform digital Rumah Sakit yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan efisiensi operasional Rumah Sakit. HASH berkomitmen mendukung transformasi digital secara berkelanjutan. Informasi lebih lengkap mengenai layanan dan produk HASH dapat langsung menghubungi tim HASH atau website resminya.