Sebagai seorang pebisnis, pernahkah anda merasa jika sudah bekerja keras untuk meningkatkan penjualan namun potensi pelanggan justru menurun atau keuntungan tak kunjung maksimal ? mungkin anda sudah merasa banyak leads atau calon pelanggan, namun kehilangan kesempatan untuk mengubahnya menjadi pelanggan. Bisa jadi, masalah utamanya bukan dari kurangnya upaya untuk meningkatkan penjualan, melainkan cara anda mengelola hubungan dengan setiap pelanggan secara efektif.
Beberapa pebisnis masih mengira jika CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah alat atau sistem yang digunakan untuk menyimpan data pelanggan (database). Nyatanya CRM bukan sekadar database, melainkan sebuah pendekatan strategis yang terintegrasi untuk membangun loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis secara signifikan. Tanpa menggunakan CRM dalam operasional bisnis dapat menempatkan bisnis dalam kondisi kritis, mengikis profitabilitas, dan peluang pertumbuhan yang seharusnya dapat dimaksimalkan.
Berikut ini adalah tanda-tanda bisnis anda berada diambang kegagalan gara-gara tidak memanfaatkan sistem CRM.
- Memiliki Leads, Namun Kehilangan Kesempatan
Sudah memiliki data leads namun sering melewatkan follow up karena data menumpuk atau sistem yang tidak terstruktur. Akibatnya peluang mendapatkan pelanggan menghilang. - Tidak Bisa Memantau Progress Penjualan
Kesulitan mengetahui jumlah data yang sudah masuk, memperkirakan proyeksi keuntungan, dan aspek lainnya menunjukkan perlunya pipeline penjualan terstruktur dan real-time. - Data Pelanggan Tersebar di Banyak Tempat
Menyimpan data pelanggan di beberapa tempat yang berbeda, seperti spreadsheet, whatsapp, atau bahkan hanya di ingat di kepala. Tanpa sistem yang terpusat, histori pelanggan susah dilacak dan berisiko hilang. - Kesulitan Memantau Performa Tim
Tanpa adanya data yang terstruktur, akan kesulitan memantau performa setiap tim dan mengukur efisiensi proses penjualan. Akibatnya evaluasi dan optimasi strategi bisnis tidak maksimal.
Tanda-tanda tersebut merupakan hambatan fundamental bagi pertumbuhan bisnis. Sistem CRM hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan data leads yang dimiliki, memusatkan data pelanggan, memantau progres penjualan secara berkala, dan mendukung untuk menjaga komunikasi yang baik.
Dampak Nyata CRM : Dari Loyalitas menuju Pertumbuhan Eksponensial
Mengapa loyalitas pelanggan begitu penting ? karena dalam bisnis, mempertahankan pelanggan jauh lebih mudah dibandingkan mencari pelanggan baru. Loyalitas yang dibangun melalui CRM bukan hanya konsep teoritis, melainkan memiliki korelasi langsung dengan pertumbuhan bisnis yang eksponensial.
Odoo memiliki fungsi CRM untuk mendukung pendekatan relasi yang lebih kuat melalui:
- Informasi Terpusat
Seluruh interaksi pelanggan hingga pertemuan akan tersimpan rapi dan dapat diakses oleh seluruh tim. Hal ini memastikan konsistensi pelayanan, meskipun pelanggan ditangani oleh anggota tim yang berbeda. - Pendekatan Proaktif
Sistem pengingat otomatis memastikan tidak ada tindak lanjut yang terlewat. Hal ini meningkatkan peluang konversi dan menjaga komunikasi tetap aktif - Kolaborasi Tim yang Lebih Baik
Tim sales dengan mudah berbagi catatan, mendistribusikan tugas, dan bekerja sama langsung dalam satu platform
Mengapa CRM Odoo ?
CRM Odoo hadir dengan tampilan dan fitur yang mudah dipahami oleh pelaku bisnis. Keunggulan utamanya yaitu dapat terintegrasi langsung oleh modul penjualan, dan software lainnya sehingga data dapat diakses dengan mudah, real-time, dan selaras antar departemen. Odoo CRM juga memberikan tawaran uji coba gratis untuk mencoba beberapa aplikasi dalam periode tertentu. Sehingga memudahkan pebisnis mencoba tanpa risiko sebelum berkomitmen.
Sebagai salah satu learning partner Odoo di Jawa Timur, HASH siap membantu pelaku bisnis mengimplementasikan CRM Odoo sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan dukungan tim profesional, HASH akan membantu perusahaan menjadi lebih responsif, efisien, terintegrasi, dan mampu bersaing di era digital.